Blognya anak manusia, yang ngakunya sih Otaku!

Author Ocehan Otaku
Judul :

Otaku itu apa sih?

Ditulis oleh : Meshuke Kyuuto, 8:27 PM | 22 January 2015

Otaku itu apa sih? | Ocehan Otaku | ocehanotaku.blogspot.com | Kyuuto Meshuke | Melvin Alfatur Farhan | Blognya anak manusia, yang ngakunya Otaku! | Ocehan Otaku adalah sebuah blog yang berisikan artikel-artikel dengan unsur Otaku dan hobi si penulis, yang salah satunya adalah Web Progam!
Ocehan Otaku - Yo Minna! =o=)/
Otaku itu apa sih? mungkin masih banyak sekali orang yang bingung akan hal ini, termasuk gua sendiri, makadari itu deskripsi dari blog ini adalah "Blognya anak manusia, yang ngakunya sih Otaku" dengan dua kata kata kunci yaitu "ngakunya" dan "sih" yang menyatakan sebuah keraguan. (_ _ ||

Dengan kondisi masih memakai seragam sekolah, karena baru pulang dari tempat magang gua akan menulis sebuah artikel untuk menjawab pertanyaan legenda yaitu "Otaku itu apa sih?".

Dalam istilah jepang, Otaku (おたく / オタク) merupakan sebuah sebutan bagi orang yang sangat menekuni hobinya atau dengan kata lain menurut gua sih ada dua kemungkinan untuk penerapan dari kata "menekuni" ini :

  • Dia menekuni hobinya karena dia sangat suka akan hal itu, sampai-sampai dia mengorbankan sebagian besar waktunya untuk hobinya sendiri tanpa alasan yang jelas selain menyenangkan.
  • Dia menekuni hobinya karena dia berfikir dari hal itu dia membuat sebuah timbal balik yang pada suatu saat nanti dapat membuat dia untung.
Arti sebenarnya dari Otaku sih, ya.. seperti yang tertera diatas, tapi mengenai pembahasan dari artikel yang gua buat kali ini, adalah Otaku dalam pandangan penikmat Japan Culture. Otaku adalah sebutan bagi seseorang yang suka akan Japan Culture seperti Anime, Manga, J-Pop, Figure dan lain-lain.

Berdasarkan artikel yang gua baca dari Jurnal Otaku, Otaku itu sendiri terbagi menjadi 5 bagian :
Pendukung 'Konten' 
‘Konten’ yang dibahas disini berarti adalah kamu mendukung sepenuhnya apa yang disuguhkan baik oleh pengarang atau ilustrator kesukaanmu, sampai ke pabrik pembuatan merchandisenya. Kamu akan membeli berbagai macam merchandise dari anime/manga yang menjadi favoritmu, mulai dari novelnya, manganya dan DVDnya. Kamu akan berusaha untuk mendukung sang pencipta supaya tetap hidup dan mengerjakan lebih banyak hal lain. 
Pendukung 'Datar' 
Kamu adalah seseorang yang datang ke sekolah dan meminjam manga milik temanmu yang direkomendasikan olehnya. Kamu menikmatinya sebisa mungkin lalu mengembalikannya (atau lupa sampai manga tersebut berjamur di sudut kamarmu) dan berterima kasih. Tapi kamu tidak memiliki rasa apa-apa setelah selesai membaca manga tersebut, tidak memiliki sebuah rasa ingin mengetahui lebih dalam mengenai ceritanya, penasaran akan lanjutannya, kehausan akan merchandisenya, kata ‘selesai’ pada penutupnya adalah tanda ‘selesai’nya hubungamu dengan seri tersebut. 
Penggila J-Fest 
Saya yakin kamu punya 1 atau 2 teman yang tidak pernah absen dalam acara-acara Jepang lokal, sejauh apapun acara itu, sesempit apapun waktu yang dipunya dan seterbatas apapun dompetnya, kamu pasti menemukan dia disana atau setidaknya melihat dokumentasinya di media sosial. Mereka selalu mencari apa yang namanya ‘moe’, entah merchandise, entah cosplayer, mungkin kalau mereka menemukan supir Transjakarta yang moe juga akan mereka dokumentasikan secara diam-diam. 
Kolektor Figure / Poster 
-Deskripsi gak jelas, jadi gak gua masukin- intinya sih orang yang berkeinginan untuk mengoleksi figure dan poster dari setiap karakter yang biasanya dia temui di Anime yang dia tonton atau Manga yang dia baca. 
Dedikasi tinggi terhadap Anime, Manga & Game 
Bila kamu sudah mencapai tahap ini, artinya kamu sudah harus memiliki waktu untuk tiga hal yang sangat sakral bagi otaku ini. Kamu akan menikmati sebuah seri mulai dari animenya, manganya, novelnya, bahkan kalau ada mungkin brosurnya akan kamu pelajari demi pengetahuan lengkap dan sebagai informasi dasar saat akan berargumen mengenai anime tersebut dengan orang lain.
Kamu adalah orang yang terlihat di media sosial dapat menyeimbangkan kehidupan antara anime dan pekerjaan. Bisa juga kamu adalah tipe orang yang tidak membawa pekerjaan ke dalam edukasi karena kamu menganggap media sosial sebagai tempat melepas lelah. Selama kamu bukan Hikkikomori, sepertinya tidak ada salahnya kamu mengambil jalur ini, hanya saja seimbangkan kehidupan 3Dmu dengan kehidupan 2Dmu ya. 
Semuanya
Mungkin kamu adalah Otaku yang berhasil membalikan antara dunia aslimu dengan dunia hobi mu ini, yang dimana kamu telah berhasil memenuhi semua kriteria diatas.
Kalau dari artikel yang gua baca sih mereka bilangnya gitu :v
Tapi kalau menurut gua Otaku itu adalah orang yang bisa dibilang terjebak diantara dimensi Real World dan Anime World jadi tergantung gimana lu sendiri nyikapinnya, selama jangan sampai dunia asli lu malah kebalik :3 /u know it/

Walaupun gitu gua ngerasa geli misalkan ada orang yang sok-sok'an manggil dirinya Otaku padahal yang dia lakuin cuma ngedownload dan baca online aja (w =o=)w
"Gelar Otaku didapat bukan dari pernyataan diri sendiri, tetapi didapat dari orang lain yang tidak kita kenal" << kalau kata orang yang pernah gua kenal dulu sih gitu .__.)a

Ok cukup sekian artikel mengenai pengertian Otaku sendiri, terkesan acak-acakan tapi biarlah yang penting klimaks'nya dapet /pfffttt/ :v

Sampai ketemu di artikel selanjutnya sobat V-O2 =o=)/

Previous Next